PEDOMAN PELAKSANAAN
PROGRAM ON THE JOB TRAINING
AKADEMI PARIWISATA MATARAM
- PENDAHULUAN
Dalam rangka mengaplikasikan teori-teori yang didapat
oleh Mahasiswa di bangku perkuliahan tentang pariwisata secara umum dan
sektor perhotelan khususnya, maka salah satu mekanisme pencapaiannya adalah
dengan melaksanakan Program On The Job Training (OJT). On The Job Training
(OJT) merupakan latihan kerja (magang) yang dilaksanakan pada industri
pariwisata dalam jangka waktu yang ditentukan oleh besarnya kredit yang diambil
mahasiswa. On The Job Training juga dimaksudkan untuk mencapai standar
kompetensi baik yang diinginkan oleh institusi maupun pihak industri. Kegiatan
ini juga merupakan persyaratan mutlak yang harus ditempuh dan diselesaikan oleh
mahasiswa sebelum menyelesaikan studi yang ditempuhnya. Selain itu juga On The
Job Training bertujuan untuk tercapainya tertib administrasi di
Akademi Pariwisata Mataram.
Kerjasama lintas sektoral khususnya dengan pihak pengguna
jasa menjadi suatu keharusan, maka Akademi pariwisata Mataram telah menjalin
secara berkesinambungan untuk menempatkan mahasiswa training (trainee) baik di
dalam maupun luar negeri.
Pelaksanaan On The Job Training di lingkungan Akademi
Pariwisata Mataram dipandang perlu untuk membuat suatu pedoman baku
yang memuat ketentuan-ketentuan serta peraturan yang berhubungan dengan On The
Job Training.
- PROFILE PROGRAM OJT (On the Job Training)
2.1 Pola Training
Pola
training yang diterapkan selama ini di lingkungan Akademi Pariwisata
Mataram meliputi 3 (tiga) bentuk atau pola training yakni :
2.1.1 Pola Training Institusi
Training
institusi merupakan pola training wajib yang diprogramkan oleh institusi atau
lembaga yang harus dilakukan oleh mahasiswa dalam rangka menyelesaikan akhir
program studi sesuai dengan jenjangnya masing-masing.
2.1.2 Pola Training Permintaan
Pola
training ini dilaksanakan oleh mahasiswa karena adanya permintaan dari pihak
industri dalam rangka mengisi lowongan maupun mengisi even-even tertentu.
2.1.3 Pola Training Mandiri
Pola
training yang dilaksanakan mahasiswa karena keinginan mahasiswa sendiri baik
untuk mengisi waktu luang maupun sebagai kegiatan dalam rangka penulisan karya
ilmiahnya.
2.2 Jangka Waktu Pelaksanaan OJT (On the Job Training)
Jangka
waktu pelaksanaan training diatur berdasarkan bobot kredit yang masing-masing
diatur sebagai berikut.
2.2.1 Jangka Waktu OJT
No
|
Unit
|
Kredit
|
Jangka
Waktu
|
Jam
Efektif
|
1
|
Basic
Level
|
2
|
1
Bulan
|
168
Jam
|
2
|
Level
2
|
4
|
2
Bulan
|
336
Jam
|
3
|
Level
3
|
6
|
4
Bulan
|
672
Jam
|
2.2.2 Jangka waktu pelaksanaan training diberikan kebebasan
kepada mahasiswa untuk memilih waktu pelaksanaan OJT sesuai kehendak dan
keinginannya selama lembaga mampu menyediakan tempat pelaksanaan OJT baik untuk
Level I dan level II bagi Akademi Pariwisata mataram.
2.2.3 Pelaksanaan OJT level III diwajibkan kepada mahasiswa
untuk mencari tempat untuk melaksanakannya dengan catatan yang bersangkutan
menginformasikan kepada Biro training Koordinator agar pelaksanaanya lebih
terkoordinir.
2.3 Persyaratan OJT (On the Job Training)
Peserta
training (trainee) adalah semua mahasiswa di lingkungan Akademi
Pariwisata Mataram dengan ketentuan sebagai berikut :
2.3.1 Persyaratan mental
· Sehat mental
· Percaya Diri
· Disiplin
2.3.2 Persyaratan Fisik
· Postur tubuh yang pantas, penampilan menarik, tidak
gondrong, berkumis, berjenggot, dan berjambang.
· Rambut pendek rapi, kuku pendek bersih, selalu
menggunakan parfum (wewangian) agar bau badan tetap terjaga.
· Seragam rapi (disetrika) agar tidak lusuh
· Sepatu pantopel hitam dan kaos kaki gelap
· Tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan
2.3.3 Persyaratan Administrasi dan Lainnya
· Merencanakan Program OJT di KRS
· Mendaftarkan diri pada bagian Biro Training Koordinator
· Telah mengikuti Pembekalan Training yang dilaksanakan
oleh Biro Training
· OJT bersyarat : mahasiswa dapat menempuh OJT Level III
apabila mahasiswa telah menyelesaikan program OJT Level II dalam bentuk
laporan, dan begitu juga untuk Level II dengan syarat mahasiswa telah
menyelesaikan OJT Level I
· Membuat surat pernyataan kesanggupan melaksanakan
ketentuan, peraturan dan tata tertib di lembaga maupun di industri tempat
melaksanakan OJT
· Tidak pernah di Black List oleh pihak industri pengguna
jasa manapun
2.4 Hak dan Kewajiban
2.4.1 Hak Mahasiswa (Trainee)
2.4.1.1 Setiap mahasiswa berhak untuk mengikuti atau melaksanakan
Program OJT sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku
2.4.1.2 Setiap mahasiswa berhak untuk memilih atau menentukan
bidang dan lokasi serta jenis industri yang diminatinya
2.4.1.3 Setiap peserta OJT berhak mendapatkan keterangan secara
jelas dan rinci mengenai tata tertib, persyaratan, dan ketentuan-ketentuan lain
yang berhubungan dengan Program OJT.
2.4.2 Kewajiban Mahasiswa (Trainee)
2.4.2.1 Peserta telah memenuhi persyaratan Program OJT yang
berlaku
2.4.2.2 Mentaati ketentuan-ketentuan, peraturan, tata tertib
serta sanksi yang berlaku baik di institusi maupun di lokasi training
2.4.2.3 Menghayati bagian (unit kompetensi) yang diminati dan
dipilihnya baik secara teori maupun praktek
2.4.2.4 Bersedia dan sanggup memenuhi persyaratan pada bagian
2.4.2.3 di atas
2.4.2.5 Bersedia dan sanggup menghadiri briefing atau pengarahan
yang sifatnya umum dan khusu oleh Dosen Pembimbing atau Training Koordinator
2.4.2.6 Bersedia dan sanggup menjalankan dan mentaati persyaratan
yang sudah ditentukan oleh hotel tempat melaksanakan OJT
2.4.2.7 Melaksanakan ketentuan tentang kerapian, kebersihan, dan
pemakaian seragam
2.4.2.8 Setelah Program OJT dilaksanakan oleh mahasiswa maka
diwajibkan untuk membuat laporan sebanyak 3 (tiga) eksamplar dimana eksamplar
pertama diserahkan kepada pihak industri, eksamplar kedua untuk bagian Biro
Training, dan eksamplar ketiga sebagai arsip mahasiswa yang bersangkutan
2.4.2.9 Melaporkan diri mulai training sesuai dengan jadual
(shift) yang ditentukan oleh pihak industri
2.4.2.10 Mentaati segala peraturan dan tata tertib tentang
pendaftaran Program OJT secara lengkap dan utuh
2.4.2.11 Setiap peserta wajib membina serta memperhatikan jalinan
kerjasama yang erat dan tinggi di antara sesama peserta OJT dimanapun berada.
2.5 Pendaftaran Program OJT (On the Job Training)
Bagi
mahasiswa di lingkungan Akademi Pariwisata Mataram wajib mendaftarkan diri
sebagai peserta OJT sebelum periode training berakhir dengan
syarat-syarat sebagai berikut.
2.5.1 Mengambil formulir pendaftaran pada bagian Biro Training
Koordinator
2.5.2 Untuk mengambil formulir pendaftaran mahasiswa wajib
menunjukkan kartu mahasiswa yang terbaru dan dilaminating, dan bukti pernah
mengikuti pembekalan training.
2.5.3 Pengambilan formulir training tidak boleh diwakilkan
kepada mahasiswa yang lain
2.5.4 Pendaftaran harus dilaksanakan sesuai dengan jadual
2.5.5 Biro Training Koordinator akan menyiapkan hal-hal sebagai
berikut.
- Surat permohonan untuk melaksanakan OJT
- Surat Pernyataan
- Daftar Riwayat Hidup
- Panduan Training dan Ketentuan Pelaksanaan Training
2.5.6 Semua persyaratan diisi dengan lengkap sebelum diserahkan
2.5.7 Penempatan mahasiswa akan diurut sesuai dengan nomor urut
pendaftaran
2.5.8 Bagi mahasiswa yang mencari sendiri tempat OJT
maka tidak akan berlaku sebelum adanya kesepakatan dari Biro Training
Koordinator
2.5.9 Daftar nama peserta training akan diumumkan pada papan
pengumuman
2.5.10 Bagi mahasiswa yang sudah menentukan
hotel/restaurant/club/ dan lainnya sebagai tempat training dan sudah
menyerahkan persyaratan maka tidak dapat merubahnya kembali.
2.6 Pembekalan OJT (On the Job Training)
PembekalanTtraining akan diberikan kepada semua peserta
training sebelum terjun ke industri dan mahasiswa wajib mengikutinya. Waktu
pelaksanaan Pembekalan training akan ditentukan kemudian berdasarkan situasi
dan kondisi yang ada. Pembekalan Training meliputi :
2.6.1 General Briefing (Pengarahan Umum)
Pengarahan
umum yang diberikan oleh Biro Training Koordinator tentang program-program OJT,
lokasi OJT, syarat-syarat pelaksanaan OJT, dan pola-pola pelaksanaan OJT.
2.6.2 Specific Briefing (Pengarahan Khusus)
Pengarahan
khusus merupakan pengarahan yang diberikan secara khusus baik oleh dosen
pembimbing, atau petugas yang ditunjuk memberikan pengarahan dalam rangka serah
terima peserta training dari lembaga ke pihak pengguna jasa (industri).
2.7 Pemberangkatan Mahasiswa ke Lokasi OJT
Setiap
mahasiswa yang berangkat untuk melaksanakan OJT sudah harus melengkapi
suatu persyaratan dan peraturan. Adapun pemberangkatan
dilaksanakan sebagai berikut.
2.7.1 Pemberangkatan dilaksanakan bisa dengan berkelompok dan
bertahap yang kemudian diserahkan oleh petugas yang ditunjuk oleh Biro Training
Koordinator.
2.7.2 Jadual pemberangkatan akan diatur oleh petugas sesuai
dengan waktu yang ditetapkan.
2.7.3 Pelaksanaan tes interview bagi mahasiswa tidak perlu
bersama-sama dengan petugas.
2.8 Laporan OJT ( On the Job Training)
2.8.1 Pada akhir pelaksanaan OJT setiap mahasiswa diwajibkan
untuk membuat laporan hasil OJT sebanyak 3 (tiga) eksamplar.
2.8.2 Laporan OJT harus sesuai dengan Desain Laporan yang
ditentukan oleh lembaga.
2.8.3 Pada akhir OJT setiap mahasiswa diwajibkan untuk melapor
atau meminta pamit secara baik kepada para pembimbing Department Head maupun
manajemen tempat training.
2.8.4 Setiap akhir program OJT semua peserta akan menerima
sertifikat dari industri tempat pelaksanaan OJT.
2.9 Evaluasi Akhir Program OJT ( On the Job Training)
Evaluasi
(penilaian akhir) dari pelaksanaan OJT dapat dilaksanakan dengan cara sebagai
berikut :
2.9.1 Industry Asessment (Penilaian Industri)
Penilaian
industri biasanya dilaksanakan oleh pihak manajemen melalui supervisor,
departemen head, manager masing-masing departemen. Mekanisme penilaian
dilaksanakan berdasarkan kinerja setiap shift melalui morning briefing dan
lain-lain.
2.9.2 Institutional Asessment (Penilaian Institusi)
Penilaian
institusi dilaksanakan oleh Biro Training Koordinator dengan membentuk staf
penguji dari dosen yang memang memiliki bidang yang relevan dengan unit
kompetensi training mahasiswa.
Pihak
Biro Training Koordinator menyiapkan formulir penilaian yang memuat beberapa
kriteria penilaian ( Evaluation Form terlampir)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar for this post