Bau Nyale (Tangkap Nyale kaliantan lotim)

By Unknown on 07.54

Filed Under:

Kaliantan yang berada di daerah desa pemongkong kecamatan jerowaru lombok timur bagian selatan. 

 Di daerah ini terdapat sebuah kawasan wisata pantai yang sangat menarik dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kawasan tersebut adalah Pantai pink, terletak di bagian Selatan pulau Lombok, kira-kira 100 kilometer dari kota Mataram.

pesta bau nyale di kaliantan

Selain keindahan alamnya, Pantai kaliantan atau tampah bolek juga memiliki daya tarik lain yang tidak kalah eksotisnya bagi para wisatawan. Setiap setahun sekali, yaitu antara bulan Februari dan Maret, di tempat ini diselenggarakan sebuah pesta atau upacara yang dikenal dengan Bau Nyale.
Tradisi upacara Bau Nyale yang diwariskan secara turun-temurun oleh suku Sasak sebelum abad ke-16 Masehi.

Bukan hanya pantai Aan Lombok tengah saja yang menjadi salah satu pusat Pesta Bau Nyale tetapi ada juga tempat lain seperti kaliantan di Lombok selatan yaitu di jerowaru kecamatan jerowaru.

 

Tradisi ini diawali oleh kisah seorang Putri Raja Tonjang Baru yang sangat cantik yang dipanggil dengan Putri Mandalika. Karena kecantikannya itu para Putra Raja memperebutkan untuk meminangnya.

Jika Putri Mandalika menolak pinangan salah satu putra raja akan menimbulkan peperangan. Sang putri mengambil keputusan pada tanggal 20 bulan kesepuluh untuk menceburkan diri ke laut lepas. Dipercaya oleh masyarakat hingga kini bahwa Nyale adalah jelmaan dari Putri Mandalika.

Upacara Bau Nyale selalu dirangkaikan dengan berbagai kesenian tradisional seperti Betandak (berbalas pantun), Bejambik (pemberian cendera mata kepada kekasih), serta Belancaran (pesiar dengan perahu), dan tidak ketinggalan pula pementasan drama kolosal Putri Mandalika.

Bagi masyarakat Sasak, Nyale dipergunakan untuk bermacam-macam keperluan seperti: santapan (Emping Nyale), ditaburkan ke sawah untuk kesuburan padi, lauk pauk, obat kuat dan lainnya yang bersifat magis sesuai dengan keyakinan masing-masing.

 

Jangan lupa mampir ke kampung halamanku ya….



 

 

0 komentar for this post

Posting Komentar